Wood Pellet ( Energy) Hayati Berkualitas Paling Diincar

Sesuai namanya, wood pellet ( energy) adalah bahan bakar alternatif yang terbuat dari serbuk kayu. Material pembuatan produk ini berasal dari limbah industri penggergajian, limbah tebangan dan limbah industri pengolahan kayu lainnya. Pelet kayu memiliki kadar ligan yang tinggi sehingga bisa merekat secara alami. Untuk tampilannya, produk ini memiliki tekstur cukup halus dengan sedikit retakan serta memiliki warna yang berkilau seperti crayon. Pelet kayu sangat mudah terbakar dengan nyala api sehingga cukup efektif digunakan sebagai bahan bakar terbarukan.

Wood pellet
Penggunaan Wood Pellet
Melihat karakteristik dalam ulasan di atas, maka bisa disimpulkan jika energi pelet kayu sangat cocok dijadikan bahan bakar pembakaran boiler, untuk pemasakan hingga penghangat ruangan. Dewasa ini, negara-negara maju dari Amerika dan Eropa sudah banyak menggunakan pelet kayu. Mereka lebih memilih menggunakan wood pellet dibandingkan bahan bakar batubara. Ada banyak alasan yang dipertimbangkan, salah satunya ialah akibat penggunaan yang ditimbulkan dari kedua bahan bakar. Pada limbah batubara, tentu saja limbahnya sangat sulit ditangani.
Berbeda dengan wood pellet yang limbahnya lebih mudah ditangani dan jauh lebih ramah lingkungan. Tidak hanya itu, bahkan dari data hasil penggunaan wood pellet diketahui jika pemanfaatan wood pellet dapat menghemat biaya listrik dibandingkan penggunaan bahan bakar jenis lainnya. Fakta inilah yang mendasari mengapa ada banyak perusahaan kecil menengah yang lebih memilih menggunakan wood pellet untuk kebutuhan pabrik pengolahan makanan seperti produksi tahu, tempe, kripik, teh dan sebagainya. Menariknya lagi, pellet kayu juga membutuhkan penyimpanan yang mudah karena tidak menyita banyak tempat.
Mengapa Memilih Wood Pellet?
Pada umumnya, penggunaan bahan bakar sebagai energi pembangkit listrik maupun untuk berbagai kegiatan industri lain menggunakan bahan bakar dari fosil. Hanya saja, bahan bakar ini membutuhkan waktu hingga jutaan tahun untuk bisa diperbaharui sedangkan kita sudah menggunakannya sejak berabad yang lalu. Buruknya lagi, penggunaan bahan bakar fosil berlebihan juga akan meningkatkan kandungan karbon dan berujung pada pemanasan global. Fakta buruk inilah yang mendorong manusia untuk membuat teknologi baru yang ramah lingkungan. Salah satu yang terbaik dengan mengembangkan wood pellet ( energy).
Berbagai negara di dunia telah mengambil keputusan untuk menggunakan biomass wood pellet sebagai bahan bakar. Hal ini mendorong produsen wood pellet di Indonesia untuk menunjukkan potensi dan kualitasnya dalam menghasilkan produk wood pellet terbaik sesuai kebutuhan konsumen dunia, terkhusus oleh negara-negara yang memiliki 4 musim. Dari sekian banyak produsen wood pellet ternama, Tradeofindonesia merupakan salah satu produsen terbaik.
Tradeofindonesia merupakan salah satu produsen wood pellet dari Indonesia. Perusahaan ini memproduksi pellet kayu dengan varian bahan baku dari: kayu jati, kayu karet, kayu calianda dan kayu mahoni. Bahan material tersebut sudah terbukti kualitasnya sehingga sangat tepat dipilih sebagai bahan pembuatan wood pellet ( energy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *